Penataan interior selama ini banyak terfokus pada bagian dinding, pemilihan furniture ataupun hiasan aksesoris untuk memunculkan kesan pada ruangan. Tidak banyak yang tahu bahwa penentuan motif dan warna ubin memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menciptakan tampilan atau desain rumah yang diinginkan.

Ubin dapat menjadi elemen penting untuk melakukan dekorasi rumah. Tidak hanya daapt diterapkan pada lantai tetapi juga merupakan aksen pada dinding. Berikut ini terdapat beberapa trik untuk memasang ubin agar rumah terlihat lebih cantik dan memiliki nilai estetis.
5-cara-menghias-rumah-dengan-ubin-bermotif

  1. Tentukan Teman
    Pertama-tama anda harus tentukan terlebih dahulu tema dan kesan ruangan yang ingin anda tampilkan. Konsep seperti monokrom, modern playful ataupun klasik dapat dengan dibuat dengan pemilihan warna ubin yang tepat.
  2. Ubin Mosaik
    Ubin mosak sesungguhnya sering digunakna di area kamar mandi, dapur, teras dan beberapa di ruang tamu. Akan tetapi, sesungguhnya keramik mosaik lebih cocok digunakan pada suatu ruangan sebagai aksen misalnya diaplikasikan tidak pada seluruh bagian lantai atau dinding akan tetapi hanya pada area tertentu.

    Ubin bermotif seperti mosaic juga cocok jika dipasang di tempat terbuka dan jarang terdapat furntiure seperti area foyer, teras dan ruang keluarga yang cukup luas.

  3. Memberi Kesan Luas
    Motif dan warna tertentu dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Memilih ubin dengan motif cerah dan pola sederhana akan membuat ruangan anda terlihat lebih terbuka jika anda memiliki ruangan yang kecil. Warna pastel dengan motif geometris berukuran bisa menjadi pilihan utama. Peletakan dari ubin yang bermotif cerah ini juga harus diatur dengan pola yang lebih teraktur dan hanya untuk beberapa area saja
  4. Kesan Lebih Sempit
    Untuk anda yang memiliki ruangan yang luas dan ingin membuatnya terkesan lebih dekat atau sempit akan tetapi tidak mengintimidasi, maka anda dapat memilih pemilihan ubin yang bermotif dengan warna yang lebih gelap dengan pola yang lebih rumit.
  5. Kombinasi Beberapa Warna
    Untuk kesan ruangan dengan interior yang ceria, anda dapat mengombinasikan ubin berwarna cerah yang tidak bermotif atau polos. Pilih 2 atau 3 warna, letakkan secara acak untuk mendapatkan sebuah pola yang unik. Anda dapat berkreasilah sebebas mungkin menurut keinginan dan selera anda sendiri. Dalam berkreasi anda juga harus memperhatikan luas ruangan dan penataan secara keseluruhan.