Putra bungu Presiden kedua Indonesia Soehart, Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal dengan Tommy Soeharto melalui salah satu anak bisnisnya, PT Putra Ciptawahana Sejati berencana untuk mengembangkan resort golf di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Resort golf tersebut nantinya akan diberi anam Black Rock Golf and Resort.

Proyek anyar tersebut telah memasuki proses pembebasan lahan atau land clearing yang dimulai dari bulan September lalu. Targetnya resort golf ini akan mulai dioperasikan 18 bulan setelah pembebasan lahan atau pada pertengahan 2018 mendatang.
Tommy Soeharto Berencana Kembangkan Resort Golf Di Belitung
Menurut Direktur PT Putra Ciptawahana Sejati, Asriningati, Black Rock Golf and Resort akan terdapat lapangan golf, janapada dan juga hotel bintang empat. “Nilai investasi yang akan ditanamkan adalah sekitar Rp 600 miliar. Itu sudah termasuk didalamnya adalah lapangan golf yang menelan sekitar Rp 150 miliar,” kata Asri.

Asri mengatakan bawha Black Rock Golf and Resort ditagetkan untuk para wisatawan Eropa, Jepang, Taiwan dan Korea. “Gaya hidup mereka untuk bermain golf sudah terbentuk. Sementara untuk wisatawan China yang meningkat cukup banyak akhir-akhir ini belum terlihat merupakan wisatawan yang memiliki intensi untuk menikmati golf,” kata Asri.

Black Rock Golf and Resort merupakan bagian dari proyek kawasan terpadu yang telah direncanakan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Tinggi yang memiliki luas hingga mencapai 715 hektar. Sekitar 215 hektar diantara telah dibebaskan dan telah mengantongi sertifikat Hak Guna Bangunan atau HGB.

PT Putra Ciptawahana Sejati sendiri telah mengantongi 3 izin dari Pemerintahan Kabupaten Belitung. Ketiga izin tersebut adalah izin usaha pariwisata, izin penunjang wisata dan juga izin perumahan.

Selain Black Rock Golf Estate, PT Putra Ciptawahana Sejati juga telah merencanakan untuk membangun sarana komersial, Hotel Grand Mecure yang memiliki standard bintang lima yang diikuti oleh Grand Mecure bintang empat, Ibis Bintang tiga dan juga hotel BnB yang menargetkan pasar low cost.